Langkah Mudah Menjadi Investor Saham

Konon katanya untuk menjadi investor saham itu sangat sulit, menjadi investor saham identik dengan kalangan orang kaya. Padahal faktanya semua orang bisa menjadi investor saham bahkan dengan modal yang seadanya.
Wah apa iya? Ya bener masa bohong sih heheheh

Penasaran? Yuk langsung simak beberapa langkah mudah untuk menjadi investor saham

Langkah 1

Anda dapat mengunjungi perusahaan sekuritas terdekat.
Untuk menjadi investor saham di Indonesia kita tidak bisa langsung invest di perusahaannya secara langsung melainkan harus melalui perusahaan perantara, perusahaan perantara ini dikenal dengan sebutan perusahaan sekuritas.
Jika kalian bingung mau lihat daftar perusahaan sekuritas yang terdaftar di BEI, Kalian bisa langsung cek ke website bursa yaitu www.idx.co.id


Langkah 2

Tahap kedua yang kita lakukan adalah menyiapkan dokumen pendukungnya.
Apa ajasih dokumen pendukungnya? Kalian cukup membawa KTP, NPWP jika ada, dan buku tabungan yang sering kalian gunakan.
Kak kalau saya ga punya npwp apakah bisa menjadi investor saham? Tentu aja bisa, kalian nanti akan diminta untuk mengisi form tanpa NPWP.
Kak apa fungsinya buku rekening yang kita bawa? Nah rekening ini nantinya akan difungsikan untuk menampung penarikan dana kalian, jadi jika kalian melakukan penarikan dana maka dananya akan masuk ke rekening kalian sendiri, bukan atas nama orang lain apalagi atas nama perusahaan sekuritas


Langkah 3

Kalian akan diminta untuk mengisi form. Pada umumnya ada dua form yang mesti kalian isi yaitu form pembukaan account dan form pembukaan Rekening Dana Investor (RDI).
Kak apasih RDI itu? Simplenya RDI adalah rekening yang digunakan untuk menampung semua transaksi efek kalian. RDI ini dibuat atas nama kalian sendiri.


Langkah 4

Setelah semua data pembukaan account saham kalian beres biasanya Kalian akan mendapatkan konfirmasi pembukaan account melalui email.  Jika sudah mendapatkan email maka kalian siap untuk melakukan deposit awal sesuai dengan ketentuan perusahaan sekuritas masing-masing.

Nah, itulah langkah-langkah mudah untuk menjadi investor saham. Tenang prosesnya ga akan lama kok, biasanya satu minggu kerja doang. Sekarang kalian udah siap untuk melakukan investasi. Jangan lupa ya pahami setiap saham yang kalian beli, pastikan Kalian sudah melakukan analisa terhadap saham yang kalian beli. Semoga cuan. (AND)


1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *